Cara Menjadi Pintar Tanpa Harus Rajin Belajar

Diposkan Oleh : Septia Mujizat | Pada : 1/05/2017 | Rating : 5 | 0 komentar
Cara Menjadi Pintar Tanpa Harus Rajin Belajar

Cerdas
indonesiamengajar.org
Assalamu'alaikum...
Selamat datang di blog yang sederhana ini. Sob, pernah gak kamu merasa rajin belajar tapi pas ujian ternyata nilainya tidak lebih baik dari yang "terlihat" malas? Kita udah capek-capek ngapalin, eh taunya nilainya kecil. Tapi si dia yang males-malesan terus, eh kok hasilnya bagus. Kalau iya, baca terus artikel ini dengan teliti dan tuntas. Disini saya akan membagikan tips-tips tentang cara agar menjadi pintar tanpa harus rajin belajar.

A. Upgrade Diri dengan Hal-Hal yang Menyenangkan

Jika diibaratkan komputer, maka otak kita ada CPU-nya. Kita semua tahu bahwa setiap CPU mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda, semakin tinggi spesifikasinya maka semakin enak untuk dipakai, kinerjanya semakin cepat, daya penyimpanannya besar, dan lain sebagainya. Biasanya orang yang rajin belajar tapi jika ujian nilainya kecil melupakan untuk mengupgrade diri. Percuma kita memasukkan materi ke otak kita jika otak kitanya tidak siap.

Jika kita mempunyai komputer tetapi kinerjanya kurang memuaskan, kita bisa meng-upgrade-nya dengan menambah atau mengganti komponen-komponen tertentu dengan spesifikasi yang lebih tinggi, misalnya menambah RAM yang asalnya 2 GB menjadi 8 GB. Nah, jika kita mempunyai otak tetapi kinerjanya kurang memuaskan maka bisa di-upgrade juga tetapi tidak dengan menambah atau mengganti komponen, tapi dengan mengasahnya, memberi nutrisi yang cukup, dan lain sebagainya.

1. Main Game

Main Games
Source: http://portalmahasiswa.com/
Main game adalah cara termudah dan terasik (menurut saya) untuk meningkatkan kemampuan otak. Bukan hanya game strategi, game balap, game perang, dan yang lainnya pun dapat meningkatkan kemampuan otak, seperti ketangkasan, reflek, kecepatan berfikir, kemampuan memahami, dan sebagainya. Hal ini sudah banyak terbukti, dari pengalaman sendiri maupun teman-teman. Contoh kasus adalah ketika dulu saya ujian nasional semasa SMK, teman-teman saya yang hobi banget belajar sampai ikutan bimbel, eh nilainya pas-pasan. Tapi yang doyan ngegame, nilai UN Matematikanya dapet 10. Dan yang lainnya juga rata-rata dapet sembilan keatas.

Tapi ingat, jangan melupakan tujuan utama. Main game secukupnya saja, untuk apa kinerja otak meningkat jika tidak dimanfaatkan dengan baik dan benar kan?

2. Olahraga

Olahraga selain mampu menjaga dan meningkatkan performa fisik kamu, juga bisa meningkatkan kemampuan otak juga. Olahraga di pagi hari sangat cocok untuk menjaga fisik dan meningkatkan kepintaran, hal tersebut dapat memperlancar aliran oksigen di dalam tubuh kita, membuat diri kita menjadi fresh, dan masih banyak keuntungan yang lainnya. Terbukti para atlet biasanya kreatif dan cerdas, minimal mempunya problem solving yang baik.

3. Pola Makan yang Baik

Disini saya tidak meminta kamu untuk berdiet. Saya hanya menyarankan kamu buat makan-makanan yang kaya protein dan tidak melupakan vitamin, gak perlu yang mahal, tahu, tempe, telur aja cukup asal konsisten. Selain itu kurangi makanan-makanan yang kurang bergizi seperti junk food. Kemudian, lebih baik sering makan dengan porsi kecil daripada jarang makan tapi sekalinya makan langsung banyak. Karena tubuh kita mempunyai daya cerna sendiri. Umat muslim pasti sudah tahu bahwa sunnah rosul jika makan dengan tiga jari, makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Dan yang sangat penting adalah air putih.

4. Musik

Mendengarkan musik terutama musik klasik sudah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kecerdasan otak. Apalagi jika kita mampu memainkan alat musik. Jauhi musik-musik galau, karena musik dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. Suasana hati akan sangat berpengaruh terhadap tindakan dan pikiran kita. Hindari mendengarkan musik yang beraliran keras, karena dapat merusak otak dan kinerjanya.

5. Istirahat yang Cukup

Tubuh kita memiliki hak untuk istirahat yang cukup, berarti kita wajib memenuhinya. Saat istirahat tubuh kita ber-recovery dan mendetoks tubuh kita. Jika tidak terlalu penting, jauhi bergadang. Sempatkan juga untuk tidur siang, di Jepang bahkan sudah dibudayakan untuk selalu tidur siang, perusahaan-perusahaannya pun memberikan waktu untuk tidur siang. Selain itu, sunnah rosul :)

6. Jauhi Film Tidak Senonoh, Rokok, dan Alkohol

Kalau ini sih gak perlu saya jelaskan, pada dasarnya perbuatan maksiat memang menghancurkan diri kita. Selain dilarang agama, banyak studi ilmiah yang sudah membuktikan keburukannya. Tapi jangan lupa untuk menjauhi keburukan dan melakukan kebaikan dengan ikhlas, karena dengan ikhlas kita tetap akan mendapatkan bonus yang dituju beserta amal baik dimata Allah, tapi tanpa ikhlas kita tidak akan mendapatkan apa-apa dimata Allah walau bonus yang dituju "mungkin" akan didapat. Bonus yang saya maksud adalah menjadi pintar, dan manfaat duniawi lainnya.

7. Baca Al-Quran

Ini bisa jadi menjadi salah satu alasan dibalik kecerdasan dan kesuksesan Presiden ke-3 RI, BJ Habibie. Beliau sedari kecil diajarkan untuk selalu membaca Al-Quran. Pernah gak lihat ustadz yang bodoh? Sebodoh-bodohnya ustadz, masih cukup pintar dan terhormat.

8. Jamahi Sesuatu yang Baru

Baik dengan membaca, menonton, berlatih, atau apa pun itu. Usahakan untuk setiap hari menambah kemampuan atau pengetahuan kamu. Gak perlu yang neko-neko dulu, banyak kok pengetahuan yang asik di k4skus, h1pwee, okez*ne, dan sebagainya.

B. Cara Belajar yang Efektif

Belajar
whbs.or.id
Nah, belajar (menambah pengetahuan dengan visual maupun audio) adalah proses memasukan data kepada komputer. Lain halnya dengan latihan (melakukan), maka latihan adalah proses instalasi ke dalam komputer. Dalam belajar para ahli membedakan kemampuan manusia menjadi 3 jenis, yakni dengan mendengar (audio), melihat (visual), dan melakukan (kinestetik).

1. Menulis

Jika kita belajar dengan membaca atau mendengar, kemungkinan untuk lupa akan sangat besar. Maka dari itu, selain dari membaca dan mendengar, cobalah untuk latihan, atau dengan ditulis kembali dengan bahasa sendiri. Ini sangat ampuh, terbukti sangat ampuh. Selain itu dengan belajar menulis otomatis akan menambah kemampuan kita dalam menulis yang akan sangat bermanfaat.

2. Mengajar / Berbagi

Sebaik-baik belajar adalah mengajar. Memang begitu faktanya, dengan mengajar kita bisa lebih banyak mendapatkan inspirasi dari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin jika oleh hanya diri kita sendiri tidak akan terfikirkan. Selain dari itu, dapat membuat kita lebih fokus dan membuat proses belajar lebih menyenangkan dan bermanfaat. Jika benar maka akan menjadi amal jariyah, jika salah maka kita tidak akan tenggelam dalam kesalahan, karena ada yang membenarkan jika kita mengajarkannya.

3. Waktu yang Tepat dan Tepat Waktu

Dalam belajar ada waktu-waktu yang baik. Sebenarnya waktu yang baik adalah waktu dimana kita bisa fokus, dan setiap orang beda-beda kenyamanannya. Tapi tubuh kita tetap memiliki sistem yang sama. Waktu subuh sangat baik untuk belajar dibandingkan malam hari, kemudian waktu setelah ashar dan maghrib sangat dianjurkan pula untuk belajar. Selain dari itu, optimalnya manusia akan kondusif melakukan suatu pekerjaan secara terus-menerus selama dua jam, maka dari itu usahakan untuk selalu istirahat setidaknya 2 jam sekali.

Nah, itu dia beberapa tips dari saya agar dapat menjadi pintar tanpa harus rajin belajar. Tentu saja artikel ini banyak kekurangannya, dan saya mohon agar dimaafkan dan meminta saran untuk perbaikan kedepannya. Terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya.
Wassalamu'alaikum...

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

 
NetXZ - Berbagi Tanpa Batas : About | Advertise | Sitemap
Support : Cara Menjadi Pintar Tanpa Harus Rajin Belajar
Template Modified by Septia Mujizat
Proudly Powered by Blogger