Motivasi Sukses Jack Ma: Jangan Belajar dari Kesuksesan Orang Lain

Diposkan Oleh : Ucup | Pada : 7/23/2017 | Rating : 5 | 0 comments
Cara Menjadi Sukses - Motivasi Jack Ma
(Orang Paling Kaya di China Saat Ini)
"Jangan Belajar dari Kesuksesan Orang Lain"

Sukses Jack Ma
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=1LTrIW3WOr8
Motivasi dan Tips Sukses - Harta memang bukanlah satu-satunya patokan kesuksesan seseorang, karena uang tidak dapat menjamin kebahagiaan. Tapi uang adalah salah satu penunjang seseorang agar dapat meraih kebahagiaan dalam hidupnya. Karena itu tidak salah jika kita ingin menjadi orang kaya.

Setiap orang di dunia ini pasti ingin sukses. Anehnya, alih-alih diberi pelajaran tentang bagaimana cara untuk meraih kesuksesan, selama ini orang-orang membayar sekolah hanya untuk capek-capek mempelajari hal-hal yang belum tentu semua orang inginkan. Salahkah? Tidak! Hanya saja "menurut saya" itu tidak efektif. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin sharing traskrip pidato orang paling kaya di China saat ini, yang di dalamnya mengandung banyak sekali petuah, tips, dan motivasi untuk meraih kesuksesan.


Terima kasih. Terima kasih dekan, rektor. Terima kasih banyak atas kehormatannya. Dan mahasiswa-mahasiswi, serta orang tua, selamat atas prestasi besarnya. Berita bagusnya, sejak hari ini Anda tak perlu khawatir akan tugas kuliah yang tak ada akhirnya. Tapi berita buruknya, sejak hari ini Anda punya tugas baru. Banyak orang mengatakan pada saya ketika lulus, bahwa hidup jauh lebih keras setelah Anda lulus kuliah. Tetapi ini tidak benar. Hidup jauh lebih baik di luar kampus. Jadi nikmatilah.

Dan dalam hidup saya, saya tidak pernah bermimpi bahwa saya bisa memakai jubah indah ini. Tentu saja jubah seperti ini tak didesain untuk ukuran tubuh seperti saya. Jadi dengan rasa hormat, bisakah saya melepas topi saya dan menjadi diri sendiri? Kadang, menerima kehormatan adalah jauh lebih berat daripada menerima kritikan.

Hidup seperti sekotak coklat. Anda tak pernah tahu apa yang akan Anda dapat. Ada sebuah film yang paling saya suka, "Forrest Gump". Saya gagal 3 kali dalam ujian. Dan saya mencoba berkali-kali untuk masuk sekolah yang bagus, tapi selalu gagal. Orang tua saya berkata, "Kau tak akan pernah bisa mendapat gelar sarjana". Teman-teman saya percaya bahwa saya tak akan pernah bisa sukses. Tapi sekarang saya mendapat gelar doktor.

Ketika Anda percaya pada diri sendiri, Anda punya peluang. Ketika saya memulai bisnis, saya berkata pada diri sendiri, bahwa jika Jack Ma bisa sukses, 80% anak muda di China bisa sukses. Dalam hidup saya, tak ada yang berkata, "Kau cerdas". Sekarang, banyak orang berkata, "Jack, kau cerdas sekali! Kau bisa temukan di internet, kau membangun e-commerce". Kata saya, "Bukan saya, tapi tim saya". Mimpi yang kami semua percayailah yang membuat kami seperti sekarang.

Jadi, dalam perjalanan saya ke sini, saya berpikir apa yang harus saya bagikan pada Anda di sini. Karena terlalu dini bagi saya untuk membagikan pengalaman hidup saya. Saya masih terlalu muda. Tapi saya pikir satu hal yang pasti, sangat sulit meyakinkan orang yang sukses. Tapi selalu mudah meyakinkan orang-orang yang ingin sukses. Inilah salah satu alasan kenapa Alibaba bertahan. Kami mencoba meyakinkan anak-anak muda untuk lebih sukses. Membantu mereka untuk menjadi sukses.

Jadi, beberapa nasihat yang ingin saya sampaikan di sini yaitu, pertama, KEGIGIHAN. Gigihlah selalu untuk menjadi diri sendiri. Gigihlah selalu untuk mewujudkan mimpi Anda. Dan jangan pernah menyerah, jangan pernah berkata tidak. Saya pikir semua orang tua mencoba mengatakan pada kita mana yang benar, mana yang salah. Dan ayah saya selalu berkata, ia lebih baik daripada saya. Kakek saya berkata, ia lebih baik dari ayah saya. Tapi kami membuktikan, kami lebih baik. Dan saya yakin, Anda akan jauh lebih baik daripada kami.

Juga satu hal yang pasti, gigihlah selalu untuk mimpi pertama Anda. 14 tahun lalu, ketika saya memulai bisnis di apartemen saya, saya berkata pada istri saya. Di masa depan. Saat itu, semua tabungan yang saya miliki kami hanya punya USD 5,000. Saya bertanya pada istri saya, "Kau ingin suamimu menjadi orang paling kaya di China, atau kau ingin suamimu menjadi pemimpin bisnis yang terhormat?". Dan ia berkata, "Menjadi pemimpin bisnis yang terhormat. Aku ingin suamiku seperti itu". Jadi sejak saat itu, saya tahu saya tak mau jadi orang terkaya di China. Saya tak mau jadi orang kaya di kota saya. Saya tak mau jadi orang kaya di desa saya. Saya hanya ingin menjadi orang yang terhormat.

Juga satu hal yang penting. Jika Anda ingin terhormat, Anda harus banyak menderita. Dan dalam bahasa Mandarin saya berkata, ".........". Setiap orang harus menderita.

Dan nasihat kedua saya untuk semua mahasiswa di sini adalah SELALU BERSIKAP OPTIMIS. DAN SELALU BAHAGIA.  SELALU TAHU BAHWA HARI ESOK LEBIH BAIK.

Kebanyakan anak muda sekarang mengeluh. Bahwa kita tak punya peluang. Bahwa Jack Ma, Pony Ma, semua mengambil peluangnya. Kita juga mengeluh. Di zaman saya, saya mengeluhkan Bill Gates. "Kau membuat Microsoft, tak ada peluang untukku!". Ketika orang lain mengeluh, itulah peluang Anda.

Dunia selalu lebih baik. Manusia telah bertahan setelah beribu-ribu bencana. Dan kemarin selalu yang termudah. Filosofi saya dalam 14 tahun terakhir adalah satu hal. Hari ini sulit. Hari esok jauh lebih sulit. Tapi esok lusa adalah hari yang indah. Kebanyakan orang mati esok sore. Anda tak akan bisa melihat matahari terbit esok lusa. Kecuali Anda bekerja sangat keras.

Sekarang, orang juga mengeluh. Bahwa Hong Kong tak punya peluang. Dan saya pikir Hong Kong punya peluang. Dan saya pikir sekarang China punya peluang. Banyak orang ingin hidup di kesuksesan hari kemarin, tapi saya suka hidup dalam mimpi hari esok. Kemarin Hong Kong punya bisnis keluarga bagus, bisnis real estate. Dan kemarin Hong Kong punya gaya bekerja Inggris dan Eropa. Hari ini, Anda punya gaya bisnis baru, Anda punya China yang baru. Jadi, dengarkan dan berusahalah maksimal.

Dan ketiga. Yang sangat penting bagi saya. Dan saya percaya, akan sangat penting bagi Anda semua anak muda di sini. Sambutlah perubahan. Dunia tak akan pernah berubah kecuali Anda mengubah diri sendiri. Dunia berubah dengan sangat cepat. Nilai dari sebuah perusahaan yang loyal, yang sangat unik sekali adalah menyambut perubahan. Kita berubah tiap menit, tiap saat. Karena ketika kita berubah, rasanya sakit. Jika Anda tak berubah, rasanya sangat pahit. Anda tak akan tahu bahwa hidup berubah sangat cepat.

Jadi, saya percaya satu hal. Hidup bukanlah tentang seberapa banyak prestasi Anda. Hidup adalah tentang seberapa banyak pengalaman Anda. Ada banyak buku tentang kami. Banyak cerita tentang kami. Maaf, saya tak baca semuanya, karena ketika saya membaca cerita tentang saya, tentang kami, saya malu, kami tak sebaik yang dipikirkan orang. Kami tak seburuk yang dipikirkan orang. Kami hanyalah diri kami sendiri.

Buku yang ingin saya tulis suatu hari yaitu, "Alibaba, 1001 Kesalahan". Jangan belajar dari kisah sukses besar orang lain. Belajarlah dari kesalahan yang dibuat orang lain. Karena semua orang membuat kesalahan yang sama. Tak semuanya punya sukses yang sama.

Dan hidup adalah tentang petualangan. Anak-anak muda, pergi saja ke China. Pergilah ke China. China sedang berubah. Kelilingi dunia, dunia sedang berubah. Dan selalu pastikan bahwa karena Andalah orang lain berubah.

Dan cara terbaik menghindari kegagalan, cara terbaik menghindari kegagalan dalam hidup saya yaitu berubah ketika Anda berada di puncak terbaik. Perusahaan saya telah mengalaminya. Selalu hancurkan waktu indah Anda, ketika saatnya tepat. Kami mengatakan, perbaiki atapnya ketika matahari masih di sana. Jangan perbaiki atap ketika hujan.

Jadi, harapan terbaik saya untuk Anda semua, inilah 3 nasihat yang saya berikan, yaitu gigih, optimis, dan sambutlah perubahan. Dan saya harap Anda semua 20-30 tahun ke depan berdiri di sini dengan jubah yang indah ini, yang akan pas dengan ukuran Anda, bukan saya.

Terima kasih banyak. Terima kasih.


Nah, itu dia transkrip dari pidato Jack Ma ketika beliau sedang menerima gelar doktor. Mudah-mudahan dapat memberi pencerahan dan membawa perubahan yang positif bagi Sobat blogger semua. Semoga bermanfaat!!!

*Referensi: https://www.youtube.com/watch?v=DwgXIJo8vXo

Baca Juga :

0 comments:

Post a Comment

 
NetXZ - Berbagi Tanpa Batas : About | Advertise | Sitemap
Support : Motivasi Sukses Jack Ma: Jangan Belajar dari Kesuksesan Orang Lain
Template Modified by Septia Mujizat
Proudly Powered by Blogger