Menjelajahi Keindahan Alam Sukabumi

Diposkan Oleh : Septia Mujizat | Pada : 8/07/2017 | Rating : 5 | 0 komentar
Kekayaan Alam Sukabumi untuk Indahnya Indonesia

NetXZ - Tak kan ada habisnya jika kita berbicara tentang indahnya bumi Indonesia. Negara kepulauan terbesar di dunia ini memiliki kekayaan alam yang melimpah dan beraneka ragam, baik itu satwa maupun fauna. Indonesia sendiri adalah negara yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia, dengan jarak sekitar 54.716 Km. Fantastis! Bagaimana bisa kita tidak menikmatinya?
Uang bisa saja hilang, tapi pengalaman akan melekat abadi pada diri seseorang. Harta bisa dicari, tapi kesempatan yang terlewat tak akan pernah kembali lagi.
Saya tentunya belum sampai menjamahi seluruh kekayaan Indonesia, bahkan mungkin akan sangat sulit untuk ada yang bisa melakukannya. Namun izinkanlah saya untuk berbagi sedikit pengalaman saya jalan-jalan ke pantai selatan bagian barat pulau Jawa. Ya, Sukabumi itu namanya!

1. Ujung Genteng

Sunrise - Bagian Timur Pantai Ujung Genteng, Sukabumi
Seperti namanya, pantai ini memang bisa dibilang ujung selatan dari pulau Jawa. Karena itu, Sobat bisa melihat sunrise di pagi hari dan juga melihat sunset di sore hari. Di pantai sebelah timur, Sobat bisa bermain dengan ombak, karena pantai langsung menghadap ke laut lepas. Sedangkan di sebelah barat, Sobat bisa membawa anak-anak bermain air, karena airnya tenang dan children friendly. Yang pastinya, Sobat bisa menemukan banyak spot foto yang menarik dan indah untuk diabadikan.

Di Ujung Genteng juga Sobat gak usah takut gak bisa tidur nyenyak! Ada banyak penginapan untuk para wisatawan yang harganya terjangkau dengan fasilitas yang baik dan memadai. Kemudian, di perjalanan menuju lokasi pun Sobat akan disuguhi pemandangan yang indah. Namun Sobat perlu sedikit bersabar karena akses jalan menuju Ujung Genteng terbilang cukup jauh dan masih terdapat banyak jalan berlubang.
*Info tambahan
Ujung Genteng ini terkenal juga dengan cagar alam penangkaran penyu (Chelonia mydas) yang berlokasi di Pantai Pangumbahan. Tempat ini dibuka untuk umum pada pagi dan siang hari, namun dijaga ketat oleh petugas dari Kementerian Kelautan dan Perikanan di malam hari. Bulan November adalah puncak kedatangan penyu untuk bertelur di area ini yang dapat mencapai 30 ekor per malamnya. Sayangnya saya tidak mengunjungi tempat ini dikarenakan keterbatasan waktu. Untuk detail atau gambarnya bisa Sobat cari di mbah google. Sobat juga bisa mendapatkan informasi lain mengenai pantai Ujung Genteng di situs sumber.com dan situs ujung-genteng.info.

2. Geopark Ciletuh

Pantai Palangpang Geopark Ciletuh, Sukabumi
Sukabumi patut berbangga karena salah satu kawasannya ditetapkan sebagai taman nasional, yakni taman bumi (geopark) Ciletuh. Saat ini, kawasan wisata ini juga tengah diuji oleh UNESCO untuk bisa menjadi salah satu taman bumi global UNESCO. Informasi lebih lengkap bisa Sobat dapatkan di situs new.ciletuh.com.

Tentu saya tidak mau ketinggalan untuk mengunjungi "calon" kawasan wisata tingkat dunia ini. Namun saya hanya mengunjungi beberapa tempat saja, yakni Mega Panenjoan, Curug Cimarinjung, dan Curug Sondong. Ada banyak curug (air terjun) yang belum sempat saya kunjungi, diantaranya adalah Curug Cikanteh, Curug Puncak Manik, Curug Awang, Curug Tengah, dan Curug Dogdog. Walau begitu cukup memuaskan hati saya, meski sedikit ada yang mengganjal karena tidak sampai kepada Puncak Dharma yang terkenal itu. Di Mega Panenjoan saja saya sudah bisa melihat indahnya pemandangan hijau yang memanjakan mata di kawasan wisata Geopark Ciletuh ini.


Curug Cimarinjung

Curug Sondong dan Mega Panenjoan

3. Palabuhanratu

Yang satu ini pasti sudah banyak yang kenal. Pantai yang juga terkenal dengan sebutan Pelabuhan Ratu ini berada di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat, Indonesia. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi. Topografinya berupa perpaduan antara pantai yang curam dan landai, tebing karang terjal, hempasan ombak, dan hutan cagar alam. Pemandangannya yang sangat indah membuat Sobat betah untuk berlama-lama.

Tidak berapa jauh dari Pantai Palabuhanratu, terdapat juga beberapa lokasi wisata lainnya. Salah satunya adalah Pantai Karang Hawu, yang letaknya sekitar 20 km dari Palabuhanratu. Karang Hawu adalah sebuah pantai karang yang menjorok ke laut yang memiliki lubang di beberapa bagian. Bentuk karangnya menyerupai bentuk tungku, yang dalam bahasa Sunda disebut "Hawu".

Oh iya, ada info menarik juga mengenai pantai Palabuhanratu ini. Karena tempatnya yang menarik, Presiden Soekarno mendirikan tempat peristirahatan pada tahun 1960 di Tenjo Resmi. Selain itu, atas inisiatif Soekarno pula didirikanlah Samudera Beach Hotel, salah satu hotel mewah pertama yang dibangun di Indonesia pada kurun waktu yang sama dengan Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, dan Toko Serba Ada "Sarinah", yang kesemuanya menggunakan dana rampasan perang dari Jepang.

Berikut adalah foto dokumentasi ketika saya mengikuti latihan gabungan nasional salah satu perguruan silat beberapa tahun silam:



Itulah sedikit pengalaman saya menjelajahi kekayaan alam di Sukabumi, salah satu surga alam paling indah di Indonesia. Sebagai penutup dari saya, ada pepatah Sunda yang baik untuk kita terapkan.
Gunung teu meunang dilebur (gunung tidak boleh dihancurkan), sagara teu meunang diruksak (laut tidak boleh dirusak), buyut teu meunang dirempak (sejarah tidak boleh dilupakan).
Mudah-mudahan informasi yang dapat saya bagikan ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan Sobat blogger sekalian. Lebih kurangnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sampai jumpa pada tulisan saya yang berikutnya.


Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

 
NetXZ - Berbagi Tanpa Batas : About | Advertise | Sitemap
Support : Menjelajahi Keindahan Alam Sukabumi
Template Modified by Septia Mujizat
Proudly Powered by Blogger